Trend Aplikasi Mobile atau Ponsel 2012

Rasanya untuk saat ini perangkat keras yang biasa kita sebut Handphone/Ponsel makin ma rak dan sangat cepat sekali berkembang. Mulai dari kelas low end sampai ke smartphone sudah sangat mudah didapatkan dipasaran. Lalu apa yang akan ditawarkan oleh para penyedia layanan aplikasi mobile atau fitur-fitur dalam ponsel di tahun ini (2011) sampai 2012  selain ,hubungan suara (dial phone), sms , games dan aplikasi hiburan lainnya.. yuk kita prediksi !

1. M-Edukasi

Saatnya konten dan fitur pendidikan di bundle dalam aplikasi ponsel. Pengguna ponsel dapat mengakses konten atau materi edukasi lebih mudah dengan menggunakan ponsel, aplikasi m-edukasi ini sudah dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia misalnya : Nokia dengan Layanan OVI Life Tools memberikan kemudahan untuk mengakses materi pendidikan melalui handphone, untuk kelas ponsel Low End (Java) di kelas middle dengan platform  android Pengguna ponsel juga dapat menggunakan Siedun Mobile, Untuk Pengguna Iphone juga dapat menggunakan beragam aplikasi seperti Blackboard. Mungkin saja pembelajaran yang konvensional di sekolah atau kampus dapat diakses melalui ponsel anda, Kenapa Tidak ?

2. M- Shopping

Berbelanja Lewat Ponsel ? Mungkin saja terjadi di kuartal 2 tahun ini atau di tahun 2012. Para Pengguna ponsel dapat dengan mudah memilih barang dari merchand tertentu dengan hanya mengetik atau menunjukan jarinya di layar ponsel.

3. M-Library

Buku terkenal dari pengarang hebat bisa anda dapatkan dan dibaca melalui ponsel ? wow cukup keren kan sekarang anda tidak perlu lagi beralasan membangun perpustakaan sendiri dirumah karena sempitnya ruangan. Buku-buku atau literatur artikel dapat anda simpan dalam memory Ponsel anda.

4. M-Advertising

Beriklan lewat ponsel juga bakalan berkembang di akhir tahun 2011 dan 2012, dengan mudah anda dapat mengakses materi iklan terbaru yang anda inginkan. atau hanya sekedar melihat katalog produk terbaru dari Factory Outlet kesayangan anda. Mudah kan ?

5. M-Banking

Rutinitas anda yang cukup sibuk dan padat membuat anda malas untuk berlama-lama mengantri di bank, memungkinkan para pengembang aplikasi mobile berlomba-lomba membuat aplikasi perbankan yang mudah melalui ponsel anda. Untuk kepentingan pembayaran tagihan listrik, telepon , Kartu kredit dapat dengan mudah dilakukan di ponsel anda

6. Location Base Service

Anda sering narsis ketika anda sedang berkumpul bersama kawan di Kedai Kopi? Update status dengan menggunakan Foursquare ? di tahun 2011 sampai 2012 diprediksi para pengembang aplikasi mobile akan menerapkan teknologi LBS disetiap aplikasi yang dikembangkannya.. “wah jadi tau deh dimana pacar anda berada ” hehe!

Mulai saat ini saja Ponsel sudah tidak lepas dari genggaman anda, apalagi nanti dengan hadirnya aplikasi-aplikasi keren yang memudahkan hidup anda..

Kita tunggu saja…!

Referensi :

http://www.gartner.com/it/page.jsp?id=1230413

Hujan + Ngantuk = Rahmat

Cigadung, Sore hari tepat pukul 16.11 wib

Terimakasih

Sudah menurunkan air ketanah, sehingga tidak lagi berdebu untuk sesaat

Terimakasih

Sudah menurunkan air, menenangkan kepala yg dijejali beban hidup yang cukup sesak

Terimakasih

Sudah menurunkan air untuk membasuh luka-luka hati manusia yang sedang bergelisah

Terimakasih

Sudah menurunkan air yang begitu dingin sehingga kami dapat beristirahat sejenak dari kepanasan nafsu

Terimakasih

Sudah menurunkan air sehingga para pekerja akrab disatu meja meminum kopi hangat

Terimakasih

Sudah menurunkan air sehingga kantuk terasa dan kami bisa menikmati hangatnya selimut

Terimakasih

Engkau menciptakan hujan yang rapi turun ketanah, tersusun sangat indah dan ramai tetapi tidak rusuh

Terimakasih

Untuk semuanya dan dengan saat ini saya berdoa semoga Hujan ini terus ada, sehingga saya tetap bisa melihat pelangi setelahnya..

 

Untuk semua teman yang sedang menikmati hujan …

Learning Management System (LMS) Open Source

Metoda pembelajaran dengan sistem elektronik atau kita lebih dikenal dengan E-learning (Pengertian E-Learning bisa dilihat disini ) memudahkan siswa dan guru untuk berinteraksi.

adapun LMS (Learning Management System ) adalah sebuah software  aplikasi E-Learning yang dapat memungkinkan administrator untuk mengelola kursus ataupun training beserta evaluasi (quiz) yang diinginkan serta report dari seluruh rangkaian kegiatan belajar mengajar bisa dilihat menggunakan software LMS.

Perkembangan Teknologi dalam LMS sekarang bisa terlihat semakin banyaknya LMS yang berbasis web. disini para trainer/guru/dosen dapat menggunakan LMS untuk membuat kursus dan materi online sehingga memungkinkan siswa untuk belajar sendiri (lihat materi, menjawab soal , melihat hasil ujian) dan berbagai fitur lain untuk mengatur alur kerja training atau pembelajaran

Menurut Om Romi Wahono ( http://www.romisatriawahono.net ) fitur LMS itu meliputi :

  1. Fitur Kelengkapan Belajar Mengajar: Daftar Mata Kuliah dan Kategorinya, Silabus Mata Kuliah, Materi Kuliah (Berbasis Text atau Multimedia), Daftar Referensi atau Bahan Bacaan
  2. Fitur Diskusi dan Komunikasi: Forum Diskusi atau Mailing List, Instant Messenger untuk Komunikasi Realtime, Papan Pengumuman, Porfil dan Kontak Instruktur, File and Directory Sharing
  3. Fitur Ujian dan Penugasan: Ujian Online (Exam), Tugas Mandiri (Assignment), Rapor dan Penilaian

Dan Teman teman dapat menggunakan LMS yang gratisan alias open source serta mencari tau bagaimana instalasinya silahkan bisa dicoba untuk beberapa software LMS yang open source

Yuk.. Selamat BerLMS Ria …

Referensi  :

1. http://www.romisatriawahono,net

Pengertian E-Learning

Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi . Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru  secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi  atau program pendidikan.

Plus Minus E-learning

Seperti Sebagaimana yang disebutkan di atas, e-learning telah mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dalam e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh “contents writer”, designer e-learning dan pemograman komputer .

Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :

  1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
  2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
  3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sejarah dan Perkembangan E-learning

E-pembelajaran atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction ) dan komputer bernama PLATO. Sejak itu, perkembangan E-learning dari masa ke masa adalah sebagai berikut:
(1) Tahun 1990 : Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan AUDIO) DALAM FORMAT mov, mpeg-1, atau avi.

(2) Tahun 1994 : Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.

(3) Tahun 1997 : LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak , dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE LOM, ARIADNE, dsb.

(4) Tahun 1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia , video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran kecil.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik

Themes Macintosh di Ubuntu

Punya Laptop ubuntu tapi rasa Mac? Mau..? heheh sayah juga mau

Iya bagi temen-temen yang pengen nyoba mac ga usah khawatir untuk beli Macintosh yang baru.. heheh ubah aja tampilan ubuntu kamu serasa Macintosh dengan menggunakan Mac4lin.

Mac4lin sebuah kumpulan paket berisi file-file yang dibutuhkan untuk mengganti tampilan Ubuntu kamu menjadi jadi lebih mirip Mac OSX yang dikembangkan oleh Anirudh (In ubuntuforum known as infra_red_dude)…

Heheh mau kan Laptop atau desktop nya kalian serasa Mac 0S x silahkan aja untuk download disini

Tapi inget ya sebelum diinstall, di backup dulu data2 penting kamu, siapa tau aja dalam proses instalasi ada hal yang ga diinginkan ( hehehe.. tapi biasanya lancar kok ), baca pentunjuk instalasinya di File Read Me yang ada dalam paket unduhan kamu.. so selamat berMac Ria.. eheheh

screenshot nya :

Kunjungan RISTEK ke CCA

Kementrian Riset dan Teknologi Indonesia, diwakili oleh Bpk. Yani Sofyan ( Kepala Bidang Difusi dan Diseminasi Iptek Industri ) beserta tim mengunjungi Baros IT Centre (BITC) dalam rangka menyaksikan langsung kegiatan komunitas yang ada di Cimahi dan melihat produk yang berhasil dibuat oleh komunitas di Cimahi dalam hal ini CCA bidang ICT

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Bpk. Syamsul (Assiten 2 )Bpk. Benny Bachtiar (Kapenmo Cimahi), Bpk Hadi (Ka KAPPDE), Bpk. Erick (Ka Disduk Cimahi) dan pengurus CCA serta anggota komunitas CCA. Dalam pertemuan ini dipaparkan beberapa aktivitas komunitas Cimahi beserta produknya, Java Community ( Siedun Mobile ), Chios (Remastering Chios Vrontados), animasi ( karya animasi CCA)

Audiensi yang hadir sangat responsif dengan produk-produk yang ditawarkan oleh komunitas kreatif cimahi (CCA) khususnya bidang ICT dan Animasi, hal ini dapat dijadikan referensi oleh Kementrian Ristek untuk memberikan program bantuan pengembangan riset dan penelitian kepada CCA.

Semoga hasil dari pertemuan ini bisa ditindak lanjuti dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.. Sukses CCA ICT

catatan : Info lengkap dan poto nanti menyusul di upload..

Siedun… Sistem Informasi Edukasi untuk Negeri

Membuat Aplikasi memang gampang-gampang susah,apalagi aplikasi yang dibuat harus bisa digunakan semudah mungkin oleh user.. ya tapi berangkat dari sana tim development NUSATEI tidak menjadi patah semangat.. bekerjasama dengan kYayasan Telematika Edukasi Indonesia dibantu oleh komunitas JAVA Cimahi maka muncullah ide untuk membuat aplikasi e-pembelajaran Mobile ..

Kenapa Harus Mobile ??? Pengguna Handset (HP) di Indonesia sudah sangat banyak ini membuat peluang aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja yang punya Handphone tentunya .. hehhe !!

APa itu SiEdun ??

Sistem Edukasi Untuk Negeri ini adalah rangkaian aplikasi e-pembelajaran yang sedang dikembangkan ini bertujuan untuk memudahkan siswa diseluruh Indonesia untuk mengakses materi-materi pembelajaran lewat Hp.. Siswa dapat melihat materi, menjawab soal dan melihat report hasil ujian mereka masing-masing. dilengkapi fitur untuk chatting memungkinkan siswa bisa berkomunikasi dengan siswa lainnya.

Untuk Guru, Aplikasi ini menyediakan fitur Upload Soal dan Materi pembelajaran, membuat training (quiz) soal latihan dan membuat cyber class mobile ( wow… kerennya hehehe )

Semoga Inovasi ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan peningkatan mutu dan kualitas siswa serta untuk sharing bahan ajar guru dimanapun mereka berada.

Selamat Berjuang Teman Teman !!!

Install Ubuntu di Asus EEE PC 1001p

This slideshow requires JavaScript.

Pengalaman pertama nih buat install ubuntu di netbook.. lumayan menarik juga setelah bertahun-tahun terbiasa dengan tampilan dan setting windows hehhe..

mungkin teman-teman yang sering dan terbiasa memakai ubuntu ga ada masalah yah.. tapi karena sayah baru di dunia perubuntuan maka saya coba share disini bagi temen2 yang masih baru juga hehhe….

1. Siapin donk Ubuntu Iso nya klo sayah sih udah dapet dari temen lewat Flash disk tapi klo kamu mau coba silahkan aja download ya disini http://releases.ubuntu.com/lucid/ atau cari aja linknya di google hahhaa…

2. dan ini dia jreng.. jreng tutorialnya mampir kesini yah .. hehhe

http://news.softpedia.com/news/Installing-Ubuntu-10-04-LTS-141550.shtml

Bagi anda pengguna asus eee pc 1001p mungkin ada beberapa masalah setelah ubuntu terinstall yaitu :

1. Driver Wireless ga kedetek

2. Touchpad nya ga maksimal ( atur brightness sama sound ga bisa )

3. mic nya juga ga jalan…

Tenang saya coba kasih solusi berdasarkan pengalaman saya ya…

1. Wireless

Untuk wireless asus eee pc 1001 p kamu bisa gunakan driver wireless buat windows xp.. caranya :

1. ketik di terminal sudo apt-get, istall the ndiswrapper-common, ndiswrapper-utils-1.9, and ndisgtk packages.

2) lalu ketik lagi di terminalnya sudo apt-get, install linux-backports-modules-wireless-karmic-generic.
3) download file driver wireless lan nya buat windows xp di http://support.asus.com/download/download.aspx
4) Run ndisgtk lalu pilih file driver (.inf) yang tadi kamu download.. ingat kamu harus di posisi root /sudo..
2. Touchpad
1. tekan alt + F2, lalu ketik gksudo gedit /etc/default/grub
2. setelah itu edit line GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT to:

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT to:

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash acpi_osi=Linux”

3. masuk terminal lagi lalu update grub nya ( sudo update-grub)
Trimsss semoga berhasil …

ICT CCA… War Begin.. !!

Oktober 2009 lalu saya dilantik oleh Bpk.Walikota Cimahi untuk jadi pengurus CCA, dan diposisikan sebagai ketua bidang ICT CCA.. wow.. lagi-lagi pekerjaan baru yang harus dicintai, dan tim ICT juga ga memalukan di acara saresehan Cimahi Creative Industries pada 23 Desember 2009.

Tim ICT CCA yang terdiri dari beberapa komunitas di bidang ict di cimahi, diantaranya :

1. Komunitas Java ( binaan JENI-SEAMOLEC)

2. Komunitas Robot (binaan Science Club Eind SMKN 1 Cimahi )

3. Komunitas chiOS ( Cimahi Open Source )

4. Komunitas Rumah Nusantara ( Web Aplikasi dan Development )

menampilkan karya karya yang memang membuat para tamu undangan untuk menghadiri stand kami, Games Mobile Java, Robot Line Follower, Chios Versi Beta dan Aplikasi pendidikan Online yang ditampilkan menyedot perhatian para tamu undangan dan teman-teman pelajar yang hadir di acara tersebut.

Semoga kedepannya komunitas ICT di Cimahi bisa lebih berkembang dan memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan Kota Cimahi.. Sukses ICT CCA !!

ICT CCA

Terkejut…!!

“DRAFT DAN SKEMA SIEDUN M-LEARNING”

15 halaman print out dengan judul diatas yang membuat saya terkejut…!!

kenapa.. ?? Konsep dahsyat yang diberikan tim developer java di Nusatei. Pilihan bahasa, struktur proposal yang sangat rapi, awalnya saya mengira anak s1 yang menyusun ini. tapi ini bukan, saya baca tim penyusunnya adalah @ade, @kevin, @Saepul dan semuanya masih kelas 3 STM … hahahaha !

Dibaca lagi 2 kali, masih tetep tim penyusunnya mereka, heheh salut !! harus belajar lagi kepada mereka cara membuat draft proposal yang menarik, meskipun awalnya saya dan google yang ajarin…

Hebat !! sukses Nusatei..!!

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.